Headline >>
|

Taman Makan Pahlawan Kota Kraksaan

Menghargai jasa pahlawan tidak hanya dilakukan dengan 5 menit mengheningkan cipta pada saat upacara berlangsung. Membangun komplek pemakaman khusus pahlawan di Kota Kraksaan adalah salah satu cara yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Komplek pemakaman atau lebih dikenal dengan Taman Makan Pahlawan terletak di Jl. Dr. Soetomo, berdekatan dengan RSUD Waluyo Jati, Kraksaan. Sebelumnya, taman makam pahlawan ini berada di Jl. Raya Sumberlele yang sekarang ditempati Pasar Sumberlele. Pemindahan dilakukan karena pertimbangan lokasi yang kurang tepat serta rencana berdirinya pasar. Saat itu tak ada satupun makam pahlawan yang dapat dikunjungi. Hanya sebuah tugu dengan hamparan ilalang yang mengisi ruang kosong.

Sekitar tahun 2002, Pemkab Probolinggo memindahkannya ke lokasi baru yang lebih terlihat sejuk dengan ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya. Lokasi baru ini sebelumnya sangat sepi dan jarang dilewati, namun setelah adanya Taman Makam Pahlawan Kota Kraksaan, lokasi disekitarmya sedikit lebih menarik. Posisi yang berada di tikungan pendek memudahkan pengendara melihat dari arah barat dan timur.

Taman Makam Pahlawan Kraksaan saat ini diisi sekitar delapan makam. Seluruhnya merupakan pahlawan yang sudah dimakamkan di pemakaman umum. Menariknya, pada saat pemindahan jenazah ada kejadian yang sangat langka. Jenazah pahlawan yang sudah berusia puluhan tahun tersebut masih utuh, hanya terlihat kering dan lusuh karena tanah. Hal ini membuat pihak keluarga terharu karena berharap bahwa arwahnya mendapatkan tempat yang baik.

Bagi Anda yang ingin berziarah diharuskan melapor ke penjaga setempat yang berada tepat di sebelah barat gerbang masuk. Tak ada salahnya mengajak generasi muda agar mengenal pahlawan yang berjuang di Kabupaten Probolinggo, jadi jalan-jalan mengenal sejarah. (taufik)

Posted by News Online Center on 9:26 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Taman Makan Pahlawan Kota Kraksaan"

Leave a reply

Blog Archive

Seputar Kraksaan

Seputar Probolinggo

Jelajah Kota