Headline >>
|

Sejarah dan Perkembangan SMAN 1 Kraksaan


KRAKSAAN (InfoKraksaan.com)-Sebagai Ibukota Kabupaten Probolinggo, saat ini Kota Kraksaan sudah memiliki sarana pendidikan dan penunjang ilmu pengetahuan yang memadai. Bidang pendidikan menjadi hal penting dalam membuka cakrawala dan wawasan dalam menunjang pembangunan. SMAN 1 Kraksaan adalah salah satu perwujudan tersedianya sarana pendidikan.

SMAN 1 Kraksaan berdiri pada tahun 1978 sebagai sekolah menengah atas pertama di kota ini. Berdiri diatas lahan seluas +/- 1 hektar menjadikan sekolah ini sebagai sekolah yang strategis. Pada saat pendirian, nama instansi sama seperti sekarang, yaitu SMA. Departemen Pendidikan sempat melakukan perubahan nama menjadi SLTA (sekolah lanjutan tingkat atas). Walaupun sudah diubah, masyarakat pendidikan masih menyebut sekolah tersebut dengan SMA yang tak berapa lama akhirnya berkembang menjadi SMU pada periode 1996.

Sekolah ini terletak di Kelurahan Sidomukti tepatnya di Jl. Imam Bonjol No. 13, Kraksaan Probolinggo. Wilayah ini akan dijadikan komplek pendidikan terpadu dengan memindahkan beberapa sekolah unggulan seperti SMP 1 Kraksaan, SDN Patokan 1, dan taman kanak-kanak. Lokasi yang tidak berdekatan dengan jantung kota Kraksaan dan pusat keramaian menambah konsentrasi siswa mengenyam ilmu dari sekolah ini.

Saat ini, sekolah dengan tenaga pendidik berjumlah 45 orang ini sudah terakedritasi A dengan surat keputusan depdiknas yang ditetapkan di Surabaya tertanggal 28 November 2008. Ini membuktikan bahwa SMAN 1 Kraksaan sudah memenuhi standar dalam menciptakan manusia yang handal. Prestasi dan penghargaan telah diraih sekolah ini baik tingkat kabupaten sampai tingkat provinsi. (taufik)

Posted by News Online Center on 3:09 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Sejarah dan Perkembangan SMAN 1 Kraksaan"

Leave a reply

Blog Archive

Seputar Kraksaan

Seputar Probolinggo

Jelajah Kota