Headline >>
|

Kemeriahan Tahun Baru Hijriah


WONOMERTO (InfoKraksaan.com)- Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 7 Desember lalu dimeriahkan dengan sajian-sajian Islami. Beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo sudah menjadikan tradisi dalam menyambut pergantian tahun dalam kalender hijriah tersebut.

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Wonomerto tampaknya tidak mau ketinggalan dalam menyambut Tahun Baru Islam kali ini. Senin (6/12) malam, PGRI Kecamatan Wonomerto menggelar kegiatan kirab obor dan do’a bersama menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1432 H.

Kirab obor yang secara resmi dilepas oleh Camat Wonomerto Suwarno didampingi Muspika dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Wonomerto Biyanto diikuti oleh 1.000 personil siswa/siswi yang berasal dari 20 SD, 1 SMP dan 1 SMA. Rute obor yang akan dilewati peserta sejauh 2 km yang dimulai dari SDN Sepuhgembol 1 dan finish di Masjid Ar-Rahman Desa Patalan Kecamatan Wonomerto.

Penampilan drum band “Puspita Nada Band” dari SDN Pohsangit Tengah menjadi barisan pembuka kirab obor. Selanjutnya berturut-turut diikuti dengan iring-iringan peserta yang membawa obor sebagai inti barisan. Peserta kirab obor diakhiri dengan penampilan drum band Gita Wana Bhakti dari SD Patalan. Sesampainya di garis finish, para peserta mendapatkan siraman rohani melalui ceramah agama di Masjid Ar-Rahman.

Kegiatan kirab obor ini disambut antusias oleh warga, baik mereka yang berpartisipasi sebagai peserta maupun penonton yang nampak memadati sisi kiri dan kanan jalan yang dilalui rombongan kirab. Apalagi banyak warga yang mengikuti kirab ini dengan mengendarai sepeda motor. Kemeriahannya tumpah ruah hingga menimbulkan kemacetan di jalan.

”Kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan ajaran Islam pada anak serta diharapkan siswa/siswi memiliki akhlak yang baik. Selain itu juga untuk mempersatukan syiar agama Islam,” ujar Ketua PGRI Kecamatan Wonomerto.

Sementara Camat Wonomerto Suwarno menjelaskan kegiatan ini diharapkan dapat mengingatkan anak tentang Tahun Baru Islam, sehingga segala perbuatan yang dilakukan dimasa yang akan datang bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. “Melalui kegiatan ini saya harapkan apa yang kurang segera dibenahi dan yang baik lebih ditingkatkan. Jadi tidak hanya terpancang pada tahun baaru masehi saja,” ujar Suwarno.

TONGAS(InfoKraksaan.com)
-Tidak kalah meriah, di Kecamatan Tongas sekitar 500 siswa/siswi MI melakukan kirab obor sejauh lima kilometer dengan start dan finish di halaman MI Sunan Ampel Desa Tongas Wetan. Kegiatan ini digelar oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) bekerja sama dengan KKM Kecamatan Tongas.

”Kita melakukan kirab obor ini usai sholat Maghrib. Sebab pergantian tahun hijriah berbeda dengan pergantian tahun masehi. Pergantian waktu tahun masehi dirayakan tepat tengah malam, sedangkan waktu pergantian tahun hijrah adalah setelah waktu shalat Maghrib,” ujar PPAI MI Kecamatan Tongas Yuliati.

Menurut Yuliati, kegiatan yang bertujuan untuk mengajari anak mengenal tahun baru hijriyah ini digelar karena saat ini sudah banyak yang melupakan tahun baaru umat Islam tersebut. ”Saya berharap supaya kegiatan ini bisa diikuti oleh daerah-daerah yang lain pada tahun-tahun mendatang. Semoga kegiatan ini bisa memotivasi siswa/siswi supaya tingkat keagamaannya bisa meningkat,” harap Yuliati.

Semua peserta tampak bersemangat dan bergembira menyambut datangnya tahun baru Islam 1431 H. Sambil berjalan membawa obor, mereka melantunkan puji-pujian mengagungkan nama Allah. Usai melakukan kirab obor, peserta mengikuti istighosah dan pengajian dengan penceramah Kyai Mahfud Siddiq.

Dalam ceramahnya, Kyai Mahfud Siddiq banyak mengupas tentang kejadian-kejadian yang berhubungan dengan bulan Muharram. Setelah pengajian, masih banyak kegiatan yang akan diikuti oleh peserta. Sehingga peserta harus menginap di tempat tersebut. Usai melakukan sholat Subuh berjamaah, peserta akan mengikuti Senam Madrasah Sehat (SMS) yang diakhiri dengan jalan-jalan ke laut.(ref:probolinggokab.go.id)

Posted by News Online Center on 2:50 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Kemeriahan Tahun Baru Hijriah"

Leave a reply

Blog Archive

Seputar Kraksaan

Seputar Probolinggo

Jelajah Kota