Headline >>
|

Kecamatan Pajarakan


Pajarakan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang berada di bagian tengah-utara. Kecamatan ini berada di sebelah barat dengan pusat wilayah berjarak 8 km arah barat Kota Kraksaan, Ibukota Kabupaten Probolinggo.

Secara geografis, Pajarakan termasuk wilayah pantura. Wilayahnya berbatasan dengan Selat Madura di utara, Kecamatan Kraksaan di sebelah timur, Kecamatan Krejengan dan Kecamatan Maron di sebelah selatan serta Kecamatan Gending di sisi barat.

Pajarakan lebih terkenal sebagai wilayah penghasil gula dengan adanya PG. Pajarakan sebagai penyuplai gula di wilayah Jawa Timur. Pabrik peninggalan Hindia Belanda ini memiliki kapasitas produksi yang tidak terlalu besar, mengingat tujuan pembangunannya pada awalnya sebagai pendukung pasokan gula ke Eropa.

Wilayah ini memiliki pondok pesantren yang megah dan modern yaitu Ponpes Zainul Hasan Genggong. Dulu, pondok pesantren ini masuk ke dalam wilayah Kraksaan dan kemudian dikembalikan ke wilayah Pajarakan. Dalam hal pendidikan formal, Pajarakan memiliki rata-rata 1 Sekolah Dasar Negeri di setiap desa serta didukung dengan berdirinya MTs Negeri Pajarakan.

Sebagai wilayah penghasil gula, tentunya sisa-sisa jalur kereta api masih dapat disaksikan. Lintasan rel yang berada di sisi selatan jalan raya dapat dengan mudah dilihat karena belum tertimbun tanah.

Kecamatan Pajarakan juga memiliki potensi wisata baru dengan dikembangkannya pantai pantai berpasir hitam yang berada di wilayah utara.(taufik)

Posted by News Online Center on 4:10 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Kecamatan Pajarakan"

Leave a reply

Blog Archive

Seputar Kraksaan

Seputar Probolinggo

Jelajah Kota