Headline >>
|

Eksotika Pantai Bentar


Kabupaten Probolinggo termasuk wilayah yang mempunyai image pariwisata menarik di Jawa Timur.
Wisata pegunungan hingga wisata pantai tersedia di kabupaten ini. Jika Anda sedang perjalanan ke arah timur jawa melalui pantai utara, maka Anda akan melintasi sebuah pantai yang terletak 20km di barat Kota Kraksaan. Pantai ini dikenal dengan Pantai Wisata Bentar.

Dari segi nama saja sudah dapat diketahui kalau pantai ini tidak terlalu panjang. Kata bentar atau sebentar mengartikan bahwa pantai ini hanya sebentar terlintas di tepi jalan Surabaya-Paiton. Pantai ini juga berdampingan dengan gunung yang tidak besar, mungkin bisa disebut bukit, dengan nama yang sama yaitu Gunung Bentar.

Lokasi pantai ini berada di Jl. Raya Surabaya-Paiton, Desa Bentar, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Dibutuhkan waktu tidak lama untuk sampai ke obyek wisata ini, sekitar 20 menit dari Kota Kraksaan dan sekitar 15 menit dari Kota Probolinggo. Pengunjung sangat mudah menuju ke pantai ini karena berada di pinggir jalan raya pantura dimana semua angkutan umum dari dan ke Surabaya melewati jalur ini.

Pantai Wisata Bentar memiliki beragam fasilitas seperti hutan bakau di sebelah timur yang didukung dengan jembatan kayu, arena bermain, kolam renang, panggung seni, dan toko souvenir. Terdapat pula sepeda air dan kebun binantang mini yang berisi rusa, kijang, burung, dan ular. Pepohonan rindang yang ditata rapi menghilangkan kesan panas yang dirasakan di pantai dan ditambah dengan adanya joglo-joglo kecil yang tersebar di tengah dan pinggir area. Wisata lain yang menjadikan pantai ini patut dikunjungi adalah kemunculan hiu-hiu tutul pada bulan-bulan tertentu.

Sarana parkir yang luas untuk roda dua dan roda empat sangat menjamin kenyamanan pengunjung dalam memarkir kendaraan. Kios kecil dan beberapa rumah makan juga disediakan di dalam dan luar areal wisata dan berdampingan dengan Pos Polisi yang turut memberikan jaminan keamanan dan ketertiban pengunjung. Butuh souvenir pantai? jangan khawatir, di sebelah barat areal parkir terdapat toko-toko yang menjual aneka cinderamata khas pantai bentar.

Tiket masuk sangat terjangkau, dengan merogoh kocek Rp.3000 untuk anak2 dan Rp. 10.000 untuk dewasa, maka anda sudah bisa menikmati eksotisme pantai bentar. Tiket tersebut tidak termasuk permainan dan fasilitas yang lain.

Rencananya, Pemkab Probolinggo melalui Disbudpar akan menambah fasilitas dengan membangun hotel di sebelah timur pantai ini. Jadi, jika anda berkunjung ke Kabupaten Probolinggo tak akan lengkap jika tidak mengunjungi obyek wisata Pantai Bentar. (fik)

Sumber gambar:iyangbangetdeh.multiply.com

Posted by News Online Center on 8:40 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Eksotika Pantai Bentar"

Leave a reply

Blog Archive

Seputar Kraksaan

Seputar Probolinggo

Jelajah Kota