Headline >>
|

Kraksaan Raih Adipura 2012

JAKARTA-Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2012 tanggal 5 Juni 2012 menjadi kado istimewa bagi warga Kota Kraksaan karena Kraksaan raih Adipura 2012 untuk kategori kota kecil terbersih. Presiden SBY menyerahkan langsung Piala Adipura ini kepada Bupati Probolinggo, H. Hasan Aminuddin, di Istana Merdeka Jakarta, Selasa 5 Juni 2012.

Rasa syukur kehadirat Allah SWT dipanjatkan seluruh komponen warga dan Pemkab Probolinggo, bahkan di situs resmi Pemerintah Kabupaten Probolinggo juga dipasang banner ucapan tersebut. Adipura 2012 ini tergolong lebih membanggakan karena tim penilai tidak hanya dari pusat dan Jawa Timur, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Prestasi di bidang lingkungan hidup yang meliputi kebersihan, keindahan, dan kesejukan kota ini sempat terlepas tahun lalu karena faktor penilaian yang ditingkatkan. Namun, kegagalan pada tahun 2011 tersebut tidak menyurutkan semangat BLH Kabupaten Probolinggo dan warga Kraksaan untuk dapat meraih kembali tahun selanjutnya. Pemkab Probolinggo melalui BLH terus berusaha untuk menyejukkan kota Kraksaan dengan menanam pohon sono di sepanjang trotoar serta membangun rumah bibit di areal taman gelora merdeka. Sepanjang median jalan raya, BLH juga menambah pot-pot bunga untuk memperindah pemandangan kota serta menjaga kebersihannya dengan menggerakkan pasukan kuning (pasukan kebersihan) tiap pagi, siang, dan sore.

Faktor lain yang memberikan nilai tambah yaitu pedagang kaki lima yang sudah tertata penempatannya. Meskipun menempati area alun-alun Kraksaan, para pedagang tersebut dapat menjaga kebersihan selama dan setelah berjualan. Pengaturan PKL ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Pemkab Probolinggo karena belum tentu di daerah lain mau menerima dan mengerti maksud relokasi dan pemindahan area. Walaupun kekurangan masih saja nampak pada saat penilaian, tidak mengherankan jika Kraksaan raih adipura 2012 menjadi hal yang patut dibanggakan.

Dengan diraihnya kembali adipura 2012 ini diharapkan menjadi semangat baru bagi seluruh elemen di Kabupaten Probolinggo terutama di wilayah ibukota Kraksaan untuk terus menjaga kebersihan dan bukan hanya simbol saat penilaian saja. Demikian pula dengan BLH yang menangani kebersihan dan keindahan kota untuk terus berupaya memberikan terobosan menanggulangi sampah serta kreatifitas memperindah kota dengan menambah taman kota. (taufik)

Foto : probolinggokab.go.id

Posted by News Online Center on 11:48 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Kraksaan Raih Adipura 2012"

Leave a reply

Blog Archive

Seputar Kraksaan

Seputar Probolinggo

Jelajah Kota