Headline >>
|

Alun-alun Kota Kraksaan

KRAKSAAN -Alun-alun sejak jaman kerajaan sudah berfungsi sebagai tempat berkumpul masyarakat. Perkumpulan tersebut biasanya dikarenakan adanya faktor kebutuhan , baik kebutuhan ekonomi, hiburan, sampai politik. Melihat segi historis tersebut dapat disimpulkan sebuah alasan mengapa sebagian besar bangunan pelayanan publik seperti pasar, masjid, kantor, dan sarana hiburan berada di sekitar alun-alun.

Sama halnya dengan alun-alun Kota Kraksaan yang dalam pantauan redaksi saat ini sudah mengalami banyak perubahan yang segnigikan. Sebagai pusat kegiatan masyarakat, alun-alun ini didukung dengan beberapa fasilitas seperti jogging track, tempat duduk, dan lampu penerangan. Pada bagian barat, sudah lama berdiri Masjid Agung Ar-Raudlah sebagai pusat keagamaan yang didukung dengan GIC (Gedung Islamic Center) di sebelah utara alun-alun. Di bagian selatan, terdapat kantor Polsek Kraksaan sebagai pusat pelayanan di bidang keamanan dan rencananya akan berdampingan dengan kantor Pemkab Probolinggo yang baru. Pelayanan kependudukan dipusatkan pada bagian timur alun-alun dimana kantor Kecamatan Kraksaan berdiri. Pada sisi lain juga terdapat Guest House dan Kantor Satpol PP.

Alun-alun Kota Kraksaan ini sudah mengalami perbaikan beberapa kali. Pada tahun 1990, alun-alun ini mulai diberi pagar pembatas dan penimbunan tanah ulang karena tanah sebelumnya mengandung kadar garam yang menghambat tumbuhnya rumput. Setelah pembangunan pagar, secara bertahap rumput baru ditanam per petak untuk menambah kesan hijau. Sekitar tahun 1998, balai atau joglo dipugar dengan mengorbankan tugu Pancasila dan diganti dengan balai utama 


yang lebih besar mengingat pada waktu itu alun-alun ini menjadi even besar tingkat propinsi. Terakhir renovasi dilakukan dengan menambah areal pedestrian di selatan alun-alun serta penambahan penerangan di bagian tengah, utara dan selatan. Memang saat ini alun-alun sudah dipasangi lampu hias tetapi belum pernah menyala.

Tahun kemarin, Bupati Probolinggo sudah meresmikan Sentra Makanan Rakyat (Semarak) Kota Kraksaan untuk meramaikan alun-alun serta mewujudkan Kota Kraksaan sebagai Ibukota Kabupaten Probolinggo. (fik)

Posted by News Online Center on 2:15 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Alun-alun Kota Kraksaan "

Leave a reply

Blog Archive

Seputar Kraksaan

Seputar Probolinggo

Jelajah Kota