Headline >>
|

Membentuk Otot Bisep

Membentuk otot bisep menjadi salah satu latihan utama para gymers selain melatih otot dada, namun tak sedikit yang putus asa karena usaha yang tidak membuahkan hasil. Keputusasaan timbul karena kesalahan metode dan cara latihan atau mungkin karena rasa bosan mulai timbul. Sebagian besar yang paling fatal adalah kesalahan metode latihan guna membentuk lengan yang diinginkan.

Pada dasarnya, otot lengan terdiri atas beberapa bagian dan memiliki cara atau metode latihan masing-masing. Bagian-bagian otot lengan yang perlu dilatih adalah :

  1. Otot fleksor lengan bawah depan
  2. Otot ekstensor lengan bawah belakang
  3. Otot bisep / otot lengan depan 
  4. Otot trisep / otot lengan belakang
Rubrik kali ini memberikan informasi bagaimana melatih otot bisep atau otot lengan bagian depan dengan benar dan memaksimalkan hasil yang diinginkan. 

Peralatan yang perlu dipersiapkan adalah dumble atau kita lebih mengenal dengan istilah barbel. Anda bisa menyiapkan dumble dengan berat yang ringan, sedang, dan berat untuk memberikan variasi latihan dan menguatkan otot. Sebaiknya lakukan pemanasan guna meregangkan otot dan saraf serta mengurangi resiko cedera.  Berikut adalah metode latihan otot bisep :
  • Pegang dumble di kedua tangan atau salah satu tangan. Posisikan dumble dan tangan sejajar dengan tubuh. Gerakkan tangan ke arah dada 90 derajat, kemudian turun ke posisi semula. Lakukan hal serupa untuk tangan yang lainnya masing-masing 8-12 repitisi dan dumble yang berbeda beratnya. Perlu diperhatikan berat dumble agar tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat, sesuaikan dengan kemampuan. Latihan ini juga mendukung pembentukan otot trisep. 
  • Pegang dumble dengan kedua tangan dan tempatkan kedua tangan di atas meja, usahakan agar menggunakan dumble dengan bar yang lebih panjang dan meja dalam posisi miring 45 derajat. Gerakkan tangan dengan mengangkat dumble ke arah wajah hingga membentuk posisi kurang lebih 90 derajat, kemudian turun ke posisi semula. Lakukan gerakan ini dengan 8-12 repitisi dan sesuaikan berat dumble. 
Atur pernafasan selama latihan, usahakan menarik nafas pada saat tangan mulai turun dan buang nafas pada saat mengangkat dumble ke arah dada. Beristirahatlah selama dua menit tiap set agar otot tidak terlalu tegang. Selamat berlatih dan tetap semangat. (fik) 

sumber : onde-onde.com


Posted by News Online Center on 7:32 PM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Membentuk Otot Bisep"

Leave a reply

Blog Archive

Seputar Kraksaan

Seputar Probolinggo

Jelajah Kota