Headline >>
|

Kraksaan Siapkan Penilaian Adipura

Kraksaan siapkan penilaian adipura 2012-2013 yang rencananya akan berlangsung antara bulan Oktober dan November. Penilaian adipura tahap pertama ini menjadi tahapan penting agar bisa bertahan sampai penilaian terakhir. Jika pada penilaian pertama nanti Kabupaten Probolinggo yang diwakili oleh Kota Kraksaan mendapat point yang memuaskan, maka pada tahap selanjutnya hanya tinggal mempertahankan dan memperbaiki titik-titik yang dapat menambah nilai.

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Probolinggo sebagai badan yang bertanggung jawab mempersiapkan penilaian telah melakukan beberapa langkah. Salah satunya yaitu memindahkan pedagang kaki lima yang tidak tepat penempatannya. Ada sekitar lima PKL di depan Stadion Gelora Merdeka (SGM) yang dipindahkan ke areal hutan kota. Lima PKL tersebut dinilai dapat mengurangi penilaian karena berada tepat di depan air mancur dan taman masuk SGM.

Selain penertiban PKL di kawasan SGM, pihak Kecamatan Kraksaan kembali menggerakkan warga ibukota kabupaten untuk melaksanakan bersih-bersih di lingkungan masing-masing. Bagaimanapun juga partisipasi warga dalam menjaga kebersihan harus diprioritaskan, sehingga tanpa adanya penilaian adipura pun kota Kraksaan akan senantiasa bersih.

Proses penataan perlu juga dilakukan di areal alun-alun Kraksaan. Tenda-tenda para pedagang kaki lima di sisi selatan alun-alun cukup memprihatinkan serta tidak seragam. Bahkan, banyak pera pedagang yang menambah bagiannya dengan terop-terop kecil seadanya. Berbeda dengan lokasi Semarak (sentra makanan rakyat) yang berada di bagian timur alun-alun, kondisinya lebih tertib dan tertata.

Perlu diketahui bahwa kota Kraksaan berhasil meraih Adipura 2012 setelah sempat terlepas pada tahun 2011 lalu.Peringkatnya pun sangat menurun drastis dan tidak lagi masuk sepuluh besar untuk kategori kota kecil terbersih. (fik)

foto : jawapos.com (radar bromo)

Posted by News Online Center on 12:34 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Kraksaan Siapkan Penilaian Adipura"

Leave a reply

Blog Archive

Seputar Kraksaan

Seputar Probolinggo

Jelajah Kota